ENGINE APU(AUXILIARY POWER UNIT)
Introduction
Auxiliary
Power Unit (APU) yaitu termasuk dari gas turbine engine yang dipasang di dalam
komponen tahan api yang terletak di bagian ekor pesawat (empennage section). APU
mensuplai tekanan udara untuk engine starting atau air conditioning.
APU Location
Gambar1.1 APU Location
APU Operation
APU
starts dan beroperasi hingga ketinggian maksimal sebuah pesawat sesuai yang
telah ditentukan. APU mensuplai tekanan udara untuk kedua air conditioning
packs di ground dan satu pack pada saat flight. Kedua transfer busses dapat digunakan
di ground atau dalam penerbangan.
APU Fuel Supply
Fuel
yang dipakai untuk memulai dan menjalankan APU berasal dari sisi kiri fuel
manifold
ketika AC
pump beroperasi. Sebuah DC yang dioperasikan APU fuel bost pump dipasang
untuk memastikan tekanan bahan bakar ke APU fuel control unit. Selama APU start
dan beroperasi, pompa beroperasi secara otomatis ketika APU fuel control unit
mendeteksi tekanan bahan bakar menurun(rendah). pompa menutup secara otomatis
ketika AC fuel pump memberi tekanan udara ke fuel manifold. Jika AC dan DC fuel
pump tidak bekerja
(beroperasi), fuel akan memilih untuk menggunakan dari tanki No 1. Selam APU
beroperasi, fuel secara otomatis akan dipanaskan untuk mencegah icing(pembekuan).
APU Engine and Cooling Air
Aliran
udara engine APU ke APU inlet door udara masuk ,dioperasikan secara otomatis
terletak
di sisi kanan fuselage. APU exhaust gases akan dibuang keluar melalui exhaust muffler.
Udara untuk pendinginan APU masuk melalui inlet pendingin udara di atas exhaust
APU bagian luar. Udara ini bersirkulasi melalui kompartemen APU, melewati oil
cooler dan ventilasi melalui bagian luar exhaust.
Electrical Requirements for APU Operation
Pengoperasian
APU memerlukan seperti berikut ini:
·
- APU fire switch on the overheat/fire
panel must be IN
·
- APU fire control handle on the APU
ground control panel must be IN
·
- Battery switch must be ON.
Daya
listrik untuk mengoperasikan APU berasal dari No1 transfer bus atau baterai pesawat.
Dengan kekuatan AC yang tersedia, pertama generator menggunakan listrik AC
untuk memulai/menyalakan APU. Dengan daya(power) AC, starter generator
menggunakan baterai
power
untuk memulai/menyalakan APU. Pindahkan baterai switch ke posisi OFF di ground
atau di udara secara otomatis akan mematikan APU karena kehilangan daya ke
electronic control unit.
APU Start
Pada
saat automatic start pertama dimulai dengan pindahkan
APU switch sebentar untuk START. Ini memulai pembukaan air inlet door. Ketika
APU inlet door sudah dalam posisi terbuka penuh urutan start dimulai. Setelah
APU mencapai kecepatan
yang tepat/sesuai ketentuan, pengapian dan bahan bakar akan disiapkan. Ketika
APU siap untuk menerima tekanan udara atau beban listrik APU GEN OFF BUS lampunya menyala.
·
Catatan:
Ketika APU ini mulai menggunakan tenaga baterai saja, tidak ada indikasi pada
electrical metering panel serta generator APU telah siap pada posisinya dan
siap untuk dipilih. Kedua frekuensi dan tegangan akan terbaca nol sampai generator
APU ditempatkan pada garis/tempatnya.
·
Catatan:
Selama siklus awa APU, indikasi APU EGT dapat berbeda beda dari
0º ke
1100º C sebelum EGT yang normal naik
dan cahaya/lampu LOW OIL PRESSURE dapat berganti ganti off/on beberapa kali.
Indikasi ini tidaklah merugikan pada efek saat start APU. Hal ini tidak perlu
untuk selalu di memantau EGT selama start. Jika
APU tidak mencapai kecepatan yang tepat dengan tingkat percepatan yang tepat
dalam batas
waktu saat starter, siklus awal secara otomatis berakhir. Awal siklus mungkin
memakan waktu selama 120 detik. shutdown otomatis terjadi dalam peristiwa EGT sudah terlampaui.
Jika awal gagal atau BUS APU GEN OFF cahaya
fail dan akan menyala pada akhir proses siklus awal, kegagalan system akan terjadi
dan lampu FAULT akan menyala terang. Mengoperasikan
APU selama satu menit penuh sebelum menggunakannya
sebagai sumber tekanan udara. Satu menit untuk stabilisasi dianjurkan untuk memperpanjang
usia kinerja APU.
APU Shutdown
Mengoperasikan
APU selama satu menit penuh tanpa beban tekanan udara sebelum di shutdown. Proses
pendinginan ini dianjurkan untuk memperpanjang usia kinerja APU. Ketika
saklar
APU dipindahkan ke OFF, waktu tunda ini terpenuhi secara otomatis.Memindahkan
saklar APU ke OFF perjalanan/proses generator APU, menutup APU air bleed valve dan memadamkan cahaya
lampu APU GEN OFF BUS. Shutdown terjadi secara otomatis setelah 60 detik. Ketika
kecepatan APU cukup menurun selama
shutdown, fuel valve dan inlet door menutup. Jika fuel valve tidak menutup,
lampu FAULT akan menyala sekitar 30 detik. Cara shutdown yang cepat dapat
dilakukan dengan menarik APU fire switch.
APU
Overhead Panel
Gambar1.2 APU overhead panel
11. APU Maintenance
(MAINT) Light
Illuminated (blue) – APU maintenance problem exists: • APU may be operated
• Light is disarmed when APU switch is in OFF.
22. APU Exhaust Gas
Temperature (EGT) Indicator
Displays APU EGT EGT indicator remains powered for 5 minutes after shutdown.
33. APU OVERSPEED
Light
Illuminated
(amber)
• APU RPM limit has been exceeded resulting in an automatic
shutdown • Overspeed shutdown protection feature has failed a self–test during a normal APU shutdown
• If light is illuminated when APU switch is placed to OFF, light extinguishes after 5 minutes
• Light is disarmed when the APU switch is in OFF position.
44. APU FAULT Light
Illuminated
(amber)
• A
malfunction exists causing APU to initiate an automatic shutdown
• If
light is illuminated when APU switch is placed to OFF, light extinguishes after
5 minutes
• Light
is disarmed when APU switch is in OFF position.
55.
APU LOW OIL PRESSURE Light
Illuminated
(amber)
• During
start until the APU oil pressure is normal
• Oil
pressure is low causing an automatic shutdown (after start cycle is complete)
• If
light is illuminated when APU switch is placed to OFF, light extinguishes after
5 minutes
• Light
is disarmed when APU switch is in OFF position.
66.
APU Switch
OFF
– normal position when APU is not running
•
positioning switch to OFF with APU running trips APU generator off the bus(es),
if connected, and closes APU bleed air valve. APU continues to run for a 60
second cooling period. • APU air inlet door automatically closes after shutdown. ON – normal position when APU is running. START (momentary) – positioning APU switch from OFF to START and releasing it to ON, initiates an automatic start sequence.
Bila terjadiny APU mengeluarkan api apa yg hrus kita lkukan sebagai ground control pak..cntoh ny pilot dan enginer sdang tidak ada apa yg hrus kita tindak lanjuti mhon pencerahan ny
BalasHapus