Minggu, 09 April 2017

Engine APU(Auxialary Power Unit) Boeing 737 NG

ENGINE APU(AUXILIARY POWER UNIT)

Introduction
Auxiliary Power Unit (APU) yaitu termasuk dari gas turbine engine yang dipasang di dalam komponen tahan api yang terletak di bagian ekor pesawat (empennage section). APU mensuplai tekanan udara untuk engine starting atau air conditioning.

APU Location

      

                                              Gambar1.1 APU Location
APU Operation
APU starts dan beroperasi hingga ketinggian maksimal sebuah pesawat sesuai yang telah ditentukan. APU mensuplai tekanan udara untuk kedua air conditioning packs di ground dan satu pack pada saat flight. Kedua transfer busses dapat digunakan di ground atau dalam penerbangan.

APU Fuel Supply
Fuel yang dipakai untuk memulai dan menjalankan APU berasal dari sisi kiri fuel manifold
ketika AC pump beroperasi. Sebuah DC yang dioperasikan APU fuel bost pump dipasang untuk memastikan tekanan bahan bakar ke APU fuel control unit. Selama APU start dan beroperasi, pompa beroperasi secara otomatis ketika APU fuel control unit mendeteksi tekanan bahan bakar menurun(rendah). pompa menutup secara otomatis ketika AC fuel pump memberi tekanan udara ke fuel manifold. Jika AC dan DC fuel pump tidak bekerja (beroperasi), fuel akan memilih untuk menggunakan dari tanki No 1. Selam APU beroperasi, fuel secara otomatis akan dipanaskan untuk mencegah icing(pembekuan).

APU Engine and Cooling Air
Aliran udara engine APU ke APU inlet door udara masuk ,dioperasikan secara otomatis
terletak di sisi kanan fuselage. APU exhaust gases akan dibuang keluar melalui exhaust muffler. Udara untuk pendinginan APU masuk melalui inlet pendingin udara di atas exhaust APU bagian luar. Udara ini bersirkulasi melalui kompartemen APU, melewati oil cooler dan ventilasi melalui bagian luar exhaust.

Electrical Requirements for APU Operation
Pengoperasian APU memerlukan seperti berikut ini:
·         - APU fire switch on the overheat/fire panel must be IN
·         - APU fire control handle on the APU ground control panel must be IN
·         - Battery switch must be ON.
Daya listrik untuk mengoperasikan APU berasal dari No1 transfer bus atau baterai pesawat. Dengan kekuatan AC yang tersedia, pertama generator menggunakan listrik AC untuk memulai/menyalakan APU. Dengan daya(power) AC, starter generator menggunakan baterai
power untuk memulai/menyalakan APU. Pindahkan baterai switch ke posisi OFF di ground atau di udara secara otomatis akan mematikan APU karena kehilangan daya ke electronic control unit.

APU Start
Pada saat automatic start pertama dimulai dengan pindahkan APU switch sebentar untuk START. Ini memulai pembukaan air inlet door. Ketika APU inlet door sudah dalam posisi terbuka penuh urutan start dimulai. Setelah APU mencapai kecepatan yang tepat/sesuai ketentuan, pengapian dan bahan bakar akan disiapkan. Ketika APU siap untuk menerima tekanan udara atau beban listrik  APU GEN OFF BUS lampunya menyala.
·         
            Catatan: Ketika APU ini mulai menggunakan tenaga baterai saja, tidak ada indikasi pada electrical metering panel serta generator APU telah siap pada posisinya dan siap untuk dipilih. Kedua frekuensi dan tegangan akan terbaca nol sampai generator APU ditempatkan pada garis/tempatnya.
·        
            Catatan: Selama siklus awa APU, indikasi APU EGT dapat berbeda beda dari
0º ke 1100º C sebelum EGT yang normal naik dan cahaya/lampu LOW OIL PRESSURE dapat berganti ganti off/on beberapa kali. Indikasi ini tidaklah merugikan pada efek saat start APU. Hal ini tidak perlu untuk selalu di memantau EGT selama start. Jika APU tidak mencapai kecepatan yang tepat dengan tingkat percepatan yang tepat dalam batas waktu saat starter, siklus awal secara otomatis berakhir. Awal siklus mungkin memakan waktu selama 120 detik. shutdown otomatis terjadi dalam peristiwa EGT sudah terlampaui. Jika awal gagal atau BUS APU GEN OFF cahaya fail dan akan menyala pada akhir proses siklus awal, kegagalan system akan terjadi dan lampu FAULT akan menyala terang. Mengoperasikan APU selama satu menit penuh sebelum menggunakannya sebagai sumber tekanan udara. Satu menit untuk stabilisasi dianjurkan untuk memperpanjang usia kinerja APU.

APU Shutdown
Mengoperasikan APU selama satu menit penuh tanpa beban tekanan udara sebelum di shutdown. Proses pendinginan ini dianjurkan untuk memperpanjang usia kinerja APU. Ketika
saklar APU dipindahkan ke OFF, waktu tunda ini terpenuhi secara otomatis.Memindahkan saklar APU ke OFF perjalanan/proses generator APU, menutup APU air bleed valve dan memadamkan cahaya lampu APU GEN OFF BUS. Shutdown terjadi secara otomatis setelah 60 detik. Ketika kecepatan APU cukup menurun selama shutdown, fuel valve dan inlet door menutup. Jika fuel valve tidak menutup, lampu FAULT akan menyala sekitar 30 detik. Cara shutdown yang cepat dapat dilakukan dengan menarik APU fire switch.
APU Overhead Panel

                                                Gambar1.2 APU overhead panel
11.    APU Maintenance (MAINT) Light
Illuminated (blue) – APU maintenance problem exists: 
• APU may be operated 
• Light is disarmed when APU switch is in OFF.
22.    APU Exhaust Gas Temperature (EGT) Indicator
Displays APU EGT 
EGT indicator remains powered for 5 minutes after shutdown.
33.    APU OVERSPEED Light
Illuminated (amber)
• APU RPM limit has been exceeded resulting in an automatic shutdown 
• Overspeed shutdown protection feature has failed a self–test during a normal APU shutdown 
• If light is illuminated when APU switch is placed to OFF, light extinguishes after 5 minutes 
• Light is disarmed when the APU switch is in OFF position.
44.    APU FAULT Light
Illuminated (amber)
• A malfunction exists causing APU to initiate an automatic shutdown
• If light is illuminated when APU switch is placed to OFF, light extinguishes after 5 minutes
• Light is disarmed when APU switch is in OFF position.
55.    APU LOW OIL PRESSURE Light
Illuminated (amber)
• During start until the APU oil pressure is normal
• Oil pressure is low causing an automatic shutdown (after start cycle is complete)
• If light is illuminated when APU switch is placed to OFF, light extinguishes after 5 minutes
• Light is disarmed when APU switch is in OFF position.
66.    APU Switch
OFF – normal position when APU is not running
• positioning switch to OFF with APU running trips APU generator off the bus(es), if connected, and closes APU bleed air valve. APU continues to run for a 60 second cooling period. 
• APU air inlet door automatically closes after shutdown. ON – normal position when APU is running. START (momentary) – positioning APU switch from OFF to START and releasing it to ON, initiates an automatic start sequence.

1 komentar:

  1. Bila terjadiny APU mengeluarkan api apa yg hrus kita lkukan sebagai ground control pak..cntoh ny pilot dan enginer sdang tidak ada apa yg hrus kita tindak lanjuti mhon pencerahan ny

    BalasHapus

History of World's Aviation ( Sejarah Penerbangan Dunia )

Sejarah Penerbangan Dunia   Penerbangan Pertama Tahukah kamu, pada 17 Desember 1903, Orville dan Willbur Wright atau lebih dikena...